Sabtu, 26 Januari 2013

KENAMPAKAN ALAM


MATERI PEMBELAJARAN

Indonesia merupakan Negara kepulauan ,Indonesia memiliki lebih dari 17.000 buah Pulau.Pulau terpadat penduduknya adalah jawa,lebih dari setengah  penduduk indonesia hidup dipulau jawa.Indonesia memiliki beberapa pulau yaitu pulau sumatra,pulau jawa,pulau kalimantan,pulau sulawesi dan Papua.
Banyak ketampakan alam diberbagai pulau tersebut,Sekarang kita akan membahas Kenampakan alam yang ada di wilayah Indonesia.

Kenampakan Alam disebut juga dengan tentang alam ,merupakan bentuk muka bumi.
Ada 2 keragaman kenampakan alam ,yaitu :
A.Kenampakan Alam Daratan
B.kenampakan Alam Perairan


KENAMPAKAN ALAM DARATAN
Kenampakan alam daratan adalah permukaan bumi yang bentuknya padat dan tidak digenangi air.Jenis jenis  wilayah daratan ,antara lain dataran tinggi,daratan rendah,Gunung,pengunungan ,tanjung,Delta,lembah dan pantai.



1.Daratan Rendah
 
gambar dataran rendah




Daratan rendah adalah wilayah darat yang memiliki ketinggian 0 – 200 m di atas permukaan laut .Pada peta diwarnakan warna hijau ,daratan rendah dibuat pemukiman dan tempat industri.di pulau jawa , sumatra kalimantan ,sulawesi dan papua ,pantai dan pasisir termasuk daratan rendah.Tanaman yang cocok untuk daratan rendah yaitu padi ,palawija,tebu.


 
2.Dataran Tinggi
Dataran tinggi adalah wilayah daratan yang luas yang terletak diatas 200 m dari permukaan laut.Pada peta dataran tinggi diberi warna coklat,cocok untuk kegiatan wisata dan perkebunan.tanaman  yang cocok untuk dataran tinggi yaitu teh,cengkeh,kopi dan sayur.Beberapa dataran tinggi di Indonesia :




1.      Dataran tinggi dieng ( Jateng )

2.      Dataran tinggi Alas ( Aceh )

3.      Dataran tinggi Bone ( Sulsel )

4.      Dataran tinggi pasai ( Prov.NAD )

5.      Dataran tinggi karo ( Sumatra utara )
6.     Dataran tinggi pasemah ( Sumatra selatan )   


3.Gunung
       Gunung adalah bagian bumi yang menonjol tinggi dengan ketinggian puncaknya di atas 600m ( diukur dari permukaan laut ).Gunung terdiri atas puncak,lereng dan kaki,umumnya tanahnya subur karena mengandung fosfor dan selikat yang berasal dari letusan gunung sehingga lereng dan kaki gunung banyak ditumbuhi pohon pohon lebat sehingga cocok untuk perkebunan.
Gunung tertinggi di indonesia adalah gunung Puncak jaya ( 5.030 m ),gunung ini terdapat dipapua .Gunung dibedakan 2 jenis yaitu :
-          Gunung Berapi
-          Gunung tidak berapi
Gunung berapi adalah gunung yang masih aktiv dan sewaktu waktu dapat meletus.Contoh gunung api di Indonesia Gunung berapi di jawa tengah,Gunung api tangkupan perahu di Jawa barat,Gunung berapi agung dan batur di Bali,Gunung api kerinci di NTB.
Gunung tidak berapi adalah gunung yang tidak aktif lagi sangat kecil kemungkinan untuk meletus atau sering disebut gunung mati.Contoh gunung mati di indonesia yaitu gunung tambora di NTB,Gunung melawan di Kalteng,Gunung muria di Jateng.


4.Pegunungan
Pegunungan adalah rangkaian gunung yang saling bersambung .pegunungan rendah memiliki ketinggian 200 – 500 m,pegunungan menengah tingginya 500 – 1.500 n,pegunungan tinggi memiliki ketinggian diatas 1.500 m.sering digunakan untuk tempat wisata ,udara sejuk ,pemandangan indah
    Contoh pegunungan yang ada di indonesia yaitu Pegunungan kendeng di Jateng,Pegunungan bukit barisan di Bengkulu ,jambi dan pegunungan jaya wijaya di Papua.
             

 pegunungan jaya wijaya di Papua.

5.Pantai.

 Pantai adalah wilayah yang menjadi batas antara daratan dan lautan.bentuk pantai berbeda beda ,hal ini disebabkan oleh pengikisan dan pengendapan tanah ,wilayah pantai banyak dijadikan tempat wisata ,misalnya pantai kuta di bali.
  
  
 pantai kuta bali

 
6.Lembah
Lembah adalah dataran yang dialiri oleh sebuah sungai .contohnya lembah baliem diprovinsi papua.

 lembah baliem 
 
7.Tanjung
Tanjung adalah bagian daratan yang menjorok kelaut ,disebut dengan ujung.Contoh tanjung di indonesia yaitu tanjung perak di surabaya,tanjung periuk di DKI.jakarta ,tanjung balai di asahan,tanjung batu di kalimantan timur dan tanjung ujung kulon di jabar.

 
8.Delta
Delta adalah daratan yang berada di tengah sungai ,biasanya di muara sungai .Muara sungai pertemuan air laut dengan air sungai.contoh delta yaitu delta sungai bengawan solo bermuara dilaut jawa,delta sungai mahakam di kalimantan bermuara disungai makassar.



KENAMPAKAN ALAM PERAIRAN
Kenampakan alam perairan adalah penampakan bumi yang digenangi air.Indonesia terdiri atas perairan ,jenis jenis perairan di indonesia yaitu laut,teluk,selat,sungai dan danau.

1.laut
Laut adalah kumpulan air asin yang besar dan mengenangi permukaan bumi .laut memisahkan daratan menjadi pulau dan benua.Laut yang luas disebut samudra,samudara digunakan untuk pelayaran kapal laut .samudra menghubungkan dua wilayah benua.samudra di indonesi yaitu samudra pasifik dan samudra hindia.
Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi laut,Indonesia dikenal sebagai negara Bahari,di indonesia laut memisahkan pulau pulau .laut jawa memisahkan pulau jawa dengan pulau kalimantan.laut plores memisahkan kepulauan nusa tenggara dengan pulau sulawesi .laut maluku memisahkan pulau sulawesi dengan kepulauan maluku.

 gambar lautan 


4 SUNGAI

 

Sungai adalahAliran air yang panjang yang berasal dari mata air dan bermuara dilaut.sungai mengalir dari hulu ke hilir.hulu atau mata air sungai biasanya terletak di pegunungan,hilir atau muara sungai terletak ditepi pantai.contoh sungai sungai yang ada di indonesia yaitu sungai kapuas,sungai batanghari,sungai brantas,sungai bengawan solo.Sungai terpanjang di indonesia adalah sungai kapuas di kalimantan ( 1.010 km ).sungai dejadikan sarana transportasi diluar pulau jawa ,sungai dimamfaatkan untyuk pengairan ,pengangkutan memelihara ikan,olahraga ,kebutuhan sehari hari .

 
 
3.Danau

Danau adalah genagan air yang luas dikelilingi daratan .danau dibagi menjadi danau alam dan danau buatan.danau alam terbentuk karena peristiwa alam miasalnya pengikisan tanah dan letusan gunung berapi.Contoh danau alam adalah danau toba.danau buatan dibangun untuk kepentingan tertentu ,misalnya pengairan ,penyimpanan cadangan air ,pembangkit tenaga listrik dan mencegah banjir.Danau buatan seringjuga disebut waduk.diwaduk juga dibangun pembangkit tenaga air ( PLTA ).contoh danau yang ada di indonesia yaitu danau toba di sumatra utara ,danau poso di sulawesi tengah danau kerinci di jambi dan danau singkarak di sumatra barat.
 



4.Selat
  Selat adalah laut sempit yang menghubungkan dua pulau.Indonesia memiliki banyak selat,selat sunda memisahkan pualu jwa dengan pulau sumatra ,selat karimata memisahkan pulau sumatra dan pulau kalimantan ,selat makassar memisahkan pulau kalimantan dengan pulau sulawesi.



 
5.Teluk.


 


Teluk adalah bagian laut yang menjorok kedaratan.Perairan teluk lebih tenang dibandingkan selat ,banyak pelabuhan dibangun diderah teluk ,misalnya teluk bayur di padang,teluk penyu di semarang , teluk juga dijadikan sebagai tempat wisata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar